Komplikasi Penyakit Darah Tinggi

Walaupun sebagian besar penderita tekanan darah tinggi telah mengetahui bahwa sewaktu-waktu bisa mengalami kelumpuhan bahkan kematian akibat sroke, tetapi hanya sedikit penderita yang sadar untuk selalu mengontrol tensi (tekanan darah), apalagi minum obat secara teratur.

Para penderita hipertensi sedang atau berat, dimana tanpa minum obat tensinya akan tetap tinggi, banyak yang bosan minum obat. Ada pula yang tidak sanggup lagi untuk terus menerus membeli obat penurun tekanan darah yang harganya mahal. Memang, ada obat yang harganya murah, Namun, selain menurunkan tekan darah obat tersebut juga menimbulkan berbagai macam penyakit baru atau memperberat penyakit yang sudah ada. Efek samping obat yang murah tersebut dapat memperberat rematik gout, meninggikan kadar lemak darah, dan sebagainya.

Komplikasi Darah Tinggi

Berbagai macam komplikasi dapat timbul akibat menderita tekanan darah tinggi dalam jangka waktu yang lama. Komplikasi dapat berupa terganggunya fungsi atau kerusakan berbagai organ tubuh. Hal ini disebut dengan istilah target hipertensi, yaitu kerusakan pada otak, jantung, ginjal dan mata karena penyakit hipertensi.

1. Kerusakan Pada Otak

Kerusakan ini terjadi akibat stroke karena jaringan otak kekurangan oksigen akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah otak. Akibatnya, timbul kelemahan atau kelumpuhan separuh badan dengan berbagai gangguan lainnya. Kerusakan parah bahkan dapat menyebabkan kematian.

2. Kerusakan Pada Jantung

Komplikasi tekanan darah tinggi dapat menyebabkan pembesaran otot jantung kiri yang berakhir dengan gagalnya jantung menjalankan fungsinya untuk memompa darah ke seluruh tubuh. keadaan ini ditandai dengan bengkak pada kaki dan kelopak mata, cepat lelah dan sesak nafas.

3. Kerusakan Pada Ginjal

Ginjal yang rusak amat berbahaya karena dapat menyebabkan pembesaran otot jantung kiri yang berakhir dengan gagalnya jantung menjalankan fungsinya untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Keadaan ini ditandai dengan bengkak pada kaki dan kelopak mata, cepat lelah, dan sesak nafas

4. Kerusakan Pada Mata

Organ penglihatan pun dapat terkena komplikasi penyakit hipertensi. Kerusakan pada mata dapat menyebabkan gangguan penglihatan sampai kebutaan.


=====================================

>>> Kapsul Cellery Membantu Mencegah, Mengatasi dan Mengobati Hipertensi (Darah Tinggi), Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Sakit Darah Tinggi and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>