Pengobatan Pada Penyakit Darah Tinggi

Pengobatan pada penyakit darah tinggi beerujuan mengurangi morbiditas dan mortalitas dan mengontrol tekanan darah. Dalam pengobatan hipertensi ada 2 cara yaitu pengobatan non-farmakologik (perubahan gaya hidup) dan pengobatan faramkologik.

Pengobatan pada penyakit darah tinggi dengan dua jenis pengobatan ini adalah :

Pengobatan Nonfaramakologik
Pengobatan pada penyakit darah tinggi ini dilakukan dengan :

  1. Pengurangan berat badan : penderita hipertensi yang obesitas dianjurkan untuk menurunkan berat badan, membatasi asupan kalori dan peningkatan pemakaian kalori dengan latihan fisik yang teratur.
  2. Mengehentikan rokok : merokok tidak berhubungan langsung dengan hipertensi tetapi merupakan faktor utama penyakiy kardiovaskular. Penderita penyakit hipertensi darah tinggi sebaiknya dianjurkan untuk berhenti merokok.
  3. Menghindari alkohol : alkohol dapat meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan resistensi terhadap obat anti hipertensi. Penderita yang minum alkohol sebaiknya membatasi asupan etanol sekitar satu ons sehari.
  4. Melakukan aktivitas fisik : penderita hipertensi tanpa komplikasi dapat meningkatkan aktivitas fisik secara aman. Penderita dengan penyakit jantung atau masalah kesehatan lain yang serius memerlukan pemeriksaan yang lebih lengkap misalnya dengan exercise test dan bila perlu mengikuti program rehabilitasi yang diawasi oleh dokter.
  5. Membatasi asupan garam : kurangi asupan garam sampai kurang dari 100 mmol perhari atau kurang dari 2,3 gra natrium atau kurang dari 6 gram NaCl. Penderita hipertensi dianjurkan juga untuk menjagga asupan kalsium dan magnesium.

Pengobatan pada penyakit darah tinggi khususnya farmakologik pada setiap penderita hipertensi memerlukan pertimbangan berbagai faktor sepertii beratnya hipertensi, kelainan organ dan faktor resiko lain. Hipertensi bisa diatasi dengan memodifikasi gaya hidup. Pengobatan dengan anti-hipertensi diberikan jika modifikasi gaya hidup tidak berhasil. Dokter pun memiliki alasan dalam memberikan obat mana yang sesuai dengan kondisi pasien saat menderita hipertensi.

Tujuan pengobatan pada penyakit darah tinggi secara farmakologik adalah untuk mencegah terjadinya morbiditas dan mortalitas akibat dari tekanan darah tinggi. Artinya tekanan darah harus diturunkan serendah mungkin yang tidak mengganggu fungsi ginjal, otak, jantung maupun kualitas hidup sambil dilakukan pengendalian faktor resiko kardiovaskular.


=====================================

>>> Kapsul Cellery Membantu Mencegah, Mengatasi dan Mengobati Hipertensi (Darah Tinggi), Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Sakit Darah Tinggi and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *